Saturday, August 11, 2007

Permanent Resident (PR) Canada

Sebagai alternatif untuk anda yang ingin info tentang dan melalui pengacara/immigration lawyer, berikut ini salah satu infonya:

Berina Gacanin
Berelle-Gold Legal Services Professional Corporation
151 City Centre Drive, Suite 201, Mississauga, ON L5B 1M7, Canada
Tel. +1 416 893 1903
Fax. +1 289 201 3312

-------------------------------------------------------------

INFO DI SINI AKAN DI-UPDATE UNTUK LENGKAPNYA (29 AGUSTUS 2019)

Beberapa hal di bawah ini aturan dari 2007:

Intinya ada 3 langkah awal yang harus anda evaluasi.

Pertama: Anda harus mengukur, berdasarkan 6 faktor/kriteria, berapa
nilai yang dapat dikumpulkan. Enam faktor itu adalah:
1. Pendidikan (nilai maksimum 25)
2. Bahasa Inggris atau Prancis (nilai maksimum 24)
3. Pengalaman Kerja (nilai maksimum 21)
4. Usia (nilai maksimum 10)
5. Tawaran Kerja di Kanada (nilai maksimum 10)
6. Adaptabilitas (nilai maksimum 10), yang terdiri atas:
- Tingkat Pendidikan istri/suami (nilai 3-5)
- Pernah Bekerja di Kanada (nilai maksimum 5)
- Pernah Studi di Kanada (nilai maksimum 5)
- Ada Tawaran Kerja di Kanada (nilai maksimum 5)
- Ada Sanak Keluarga di Kanada (nilai maksimum 5)
Nilai minimum yang harus dilalui (pass mark): 67

Untuk lengkapnya, lihat link berikut ini:
http://www.cic.gc.ca/english/immigrate/skilled/apply-factors.asp

Kedua: Anda harus bisa menunjukkan sejumlah uang di bank (bukti
pemilikan dana) pada waktu mengirimkan lamaran. Hal ini tidak perlu
dilakukan bila anda dapat tawaran kerja di Kanada. Jumlah uang itu
disesuaikan dengan jumlah anggota keluarga (pelamar, istri dan anak)
yang akan dibawa, yaitu:
1 orang: CAN$ 12,669
2 orang: CAN$ 15,772
3 orang: CAN$ 19,390
4 orang: CAN$ 22,542
5 orang: CAN$ 26,701
6 orang: CAN$ 30,114
7 orang dan lebih: CAN$ 33,528
Untuk setiap penambahan satu orang berikutnya: CAN$ 3,414

Untuk lengkapnya, lihat link berikut ini:
http://www.cic.gc.ca/ctc-vac/getting-started.asp

Ketiga: Lakukan uji diri (self test) untuk mengetahui apakah anda layak (eligible):
Klik link berikut ini untuk "Check Eligibility" anda:
http://onlineservices-servicesenligne.cic.gc.ca/eapp/eapp.do

Selanjutnya, tergantung tipe imigrasi apa yang anda akan lamar, anda
bisa lihat info lengkapnya berikut ini:
http://www.cic.gc.ca/english/information/applications/menu-outside.asp

Untuk PR, biasanya anda akan melamar untuk Express Entry:
https://www.canada.ca/en/immigration-refugees-citizenship/services/immigrate-canada/express-entry/eligibility/criteria-comprehensive-ranking-system/grid.html

Untuk itu, anda akan menhalani Simplified Application Process, yaitu
anda mengirimkan formulir lamaran dan biaya (fee). Dengan begitu,
tempat anda dalam antrian proses dijamin dan aturan yang ada pada
tanggal anda mengajukan lamaran akan berlaku pada lamaran anda. Ketika
Kantor Visa siap untuk memproses lamaran anda, anda akan diminta
mengirimkan dokumen-2 yang diperlukan (required supporting documentation).

Untuk itu, lengkapi 3 langkah berikut (simplified application process):

1. Baca Informasi Umum

https://www.canada.ca/en/immigration-refugees-citizenship/services/application/application-forms-guides.html

2. Isi Formulir Online

* Application for Permanent Residence: Express Entry

https://www.canada.ca/en/immigration-refugees-citizenship/services/immigrate-canada/express-entry/apply-permanent-residence.html

3. Petunjuk Khusus Kantor Visa yang Berlaku
Dapatkan Petunjuk dari Kantor Visa dimana anda harus melamar.
Untuk Indonesia, Kantor Visanya di Singapura:
http://www.cic.gc.ca/english/pdf/kits/guides/Esap7057.pdf

Untuk Malaysia, Kantor Visanya di KL:
http://www.cic.gc.ca/english/pdf/kits/guides/Esap7123.pdf

Untuk yang lain, cari Kantor Visa berikut:
http://www.cic.gc.ca/english/information/applications/skilled-mission-simple.asp

Sekian dulu. Selamat mencoba.

Abdi M. Soeherman

82 comments:

Anonymous said...

Bp.Abdi Soeherman, apa anda bisa bantu kami2 yang non-skill dan tidak lancar bahasa inggris (apalagi prancis) utk mendapat kerja di kanada? tolong dijelaskan secara detail ke alamat email: arthanovenda@yahoo.com
sebelumnya kami ucapkan terima kasih.

Artha dan kawan2.
dari Purwokerto, Jawa Tengah

Abdi Soeherman said...

Bung Artha dkk,

Saya pikir penjelasan saya di blogspot ini sudah cukup gamblang. Coba ikuti dan lakukan self test dan lihat berapa nilai total anda. Kalau dapat lebih atau sama dengan 67 maka anda berpeluang besar.

Ini satu-satunya cara untuk bekerja di Kanada. Lain dari itu saya tidak bisa membantu. Maaf.

Anonymous said...

me and my husband would love to become Canada Residence. We're only High School graduated, But we have experience working abroad for about 4 years. unfortunately we can't speak French. Does it come with the references that they looking for? How & where we can apply for it? kami dari Jakarta, could you please sent us the details at rsiti2583@yahoo.com... thank you so much for your kind and consideration

Abdi Soeherman said...

Jangan khawatir dengan status lulusan SMA karena semua jenjang pendidikan diperhitungkan. Silakan lakukan self test (http://www.cic.gc.ca/english/immigrate/skilled/assess/index.asp) dan lihat berapa nilai total yang anda capai. Kalau dapat minimum 67 itu pertanda baik. Peluang anda cukup besar dan bisa melanjutkan ke proses/prosedur berikutnya.

Mickey said...

Dear Pak Abdi,

Mohon sarannya, apakah kita sebaiknya mencari pekerjaan di canada dari Indonesia atau setelah kita apply for PR..? situasi saat ini saya masih mencari lowongan kerja di Canada..apakah bila kita apply PR dan lulus, apakah pihak Canada dapat membantu kita mencarikan pekerjaan disana..?
Saya sudah coba self test dan pointnya cukup
need your advice....thanks

Abdi Soeherman said...

Halo Mickey,
Akan lebih baik status lamaran PR anda kalau dapat pekerjaan di Kanada lebih dulu karena hal itu menambah point. Hanya saja tidak mudah bahkan untuk yang sudah dapat PR dan tinggal di sini sekalipun.

Pemerintah Kanada tidak menyediakan bantuan mencari pekerjaan tapi begitu anda jadi PR dan tiba di sini ada program yang membantu anda berintegrasi plus memperoleh kiat-kiat dalam mencari pekerjaan.

Wina said...

mas Abdi,saya tertarik banget untuk ikutan kerja di kanada, saya udah ikut test dan nilainya lebih dari cukup.. apa info dari jobbank kanada bisa untuk apply calon pekerja dari outside canada? caranya gimana yah biar saya dapat sponsor dari perusahaan? karena kalau tidak ada sponsor saya harus menyediakan dana lumayan besar.. atau harus ikutan semi skilled worker melalu program live in caregiver karena ini bisa bantu saya keluar dengan biaya ditanggung employer? pls advise, thanks..

Abdi Soeherman said...

Wina dkk,

Saya senang kalau anda tertarik kerja dan jadi PR di Kanada (?). Selamat atas nilai yang anda peroleh.

Memang satu saja kurangnya urusan PR Kanada ini: pekerjaan. Ini juga yang menjadi pemicu frustrasi mereka yang akhirnya dapat PR. Karena sulit dapat kerja khususnya yang sesuai dengan profesi asal mereka (high skilled jobs like doctor, lawyer, engineer, etc) dan bahkan setelah berada di Kanada sekalipun, beberapa orang akhirnya memutuskan "pulang kampung" alias balik ke negeri asal.

Job Bank membantu kalau memang pekerjaan yang ditawarkan tepat buat kita baik buat para pelamar di dalam maupun di luar Kanada. Tapi penerimaan tetap tergantung dari perusahaan yang mencari. Dan ini yang jadi soal utamanya. Kebanyakan perusahaan di sini menginginkan lulusan PT/Uni setempat dan tidak mengakui credentials yang diperoleh dari luar negeri. Sementara untuk memperoleh Canadian experience orang harus kerja di bidang itu di Kanada. Jadi seperti lingkaran setan.

Karena itu ada program baru, yang saya tahu khususnya di Ontario, yang menawarkan pelatihan dan kiat-kiat memperoleh pekerjaan. Cara lain adalah dengan melakukan kerja volunteer alias tanpa dibayar. Cara ini bisa memperkaya Resume kita dan membuka peluang networking.

Masuk melalui program live-in caregiver juga merupakan alternatif. Tentunya diperlukan pengertian dan ketabahan terutama buat para pelamar high skilled immigrant. Namun sekiranya faktor itu tidak jadi hambatan dan intinya asal dapat masuk dan bekerja di Kanada saya pikir ini bukan sesuatu yang dapat diabaikan. Hal ini pantas dipertimbangkan terutama untuk mencoba mengatasi masalah biaya seperti yang anda singgung di atas.

Mudah-mudahan menjawab good luck. Silakan kalau ada follow-up questions.

Wina said...

Mas Abdi, saya sendiri udah apply jadi live in caregiver, tapi terlihat jelas Kanada sangat memilih untuk kandidat untuk setiap pekerjaan seremeh apapun. Karena saya harus punya certificate tertentu atau setahun kerja jadi Nanny/caregiver yang artinya gak mungkin karena disini kan saya punya pekerjaan yang menjanjikan.. Hikz.. Frustasi saya..

Sekarang, saya ingin bertanya mas.. saya lihat banyak sekali di jobbank.ca pekerjaan macam clerk, administrative atau general labourer, apa itu kita bs apply dr sini dan mereka bisa usahain sponsor untuk kita?

saya gak muluk2 harus dapetin kerjaan spt yang saya mau kok.. apa aja gak masalah asal bisa untuk experience dan bertahan hidup dulu. Volunteer no problem tp masalahnya Volunteer kan gak digaji yah Mas? 3 bulan pertama bisa2 saya makan besi kl gak ada gaji hehehe..

Tolong yah Mas kasih saran.. saya harus bagaimana dan gimana menyiasati agar bisa ke kanada dan dapat sponsor kerja yang tepat? Gak perlu yang sesuai, apa aja asal bisa kerja dan makan dulu...

Mudah2an Mas Abdi gak bosen-bosen terima pertanyaan saya lewat blog ini..

atau kalo lewat volunteer gmn yah caranya? pls advise mas.. syukur2 ada pekerjaan federal yang semi skilled tapi bisa ngusahain sponsor untuk employee outside canada.. hadi kitchen helper juga sama sekali gak masalah kok Mas...

Appreciate and thanks :)

Anonymous said...

BP ABDI,SY DAN SUAMI INGIN SEKOLAH SELAMA 2 THN DI KANADA,STLH LULUS SY BISA GAK APPLY JD PR DI CANADA DAN SY PGN SEKOLAH YG MMG BS UNTUK DPTKAN PR, KIRA2 SEKOLAH APA YA YG MUDAH UTK JD PR. TRIMKSH ATAS JWBN BPK

Abdi Soeherman said...

Untuk Wina, maaf baru sempat balas.

Singkatnya, sulit untuk employers di Kanada men-sponsori calon pekerja dari luar KECUALI kalau keahlian tersebut tak ada atau jarang di Kanada. Satu-satunya cara adalah menjadi PR dulu baru mencoba bekerja apa saja. Live in care giver adalah salah satu solusi lain untuk masuk Kanada dengan pekerjaan. Selebihnya saya tidak melihat ada cara lain.

Maaf, for not being able to help you more.

Wassalaam,
Abdi

Abdi Soeherman said...

Untuk Anonymous,

Sekolah di sini bisa jadi salah satu cara untuk dapat PR. Silakan explore link tentang menjadi PR di atas.

Anda bisa ambil sekolah apa saja. Hanya saja satu hal yang bisa mempercepat proses penerimaan PR anda setelah sekolah yaitu anda dapat pekerjaan sehingga employer anda dapat membantu mempercepat proses PR anda. Ingat dapat offered job memberi kredit besar dalam penerimaan aplikasi PR.

Wassalaam,
Abdi

Yan K. Wiriadipura said...

Assalalamualaikum wr wb,

Pak Abdi, terima kasih link blog spotnya, saya akan coba, begitu juga anak2 saya.

Saya akan kabari lagi setelah self test kami kerjakan.

BTW, untuk cari scholarship untuk post graduate mudah gak ya? Apa persyaratannya? ANak saya satu yang S1 dan yang satu lagi S2.

Salam, Yan

Abdi Soeherman said...

Alaykum Salaam Bung Yan,

Silakan kabari saya. Coba lakukan juga self test dan lihat hasilnya.

Tentang beasiswa nampaknya akan lebih mudah buat para PR atau citizen. Maklum jumlahnya terbatas dan wajar kalau PR dan citizen didahulukan.

Wassalaam,
Abdi

Unknown said...

ass,kak saya mohon bantuannya,saya ingin ajukan PR application quebec,tapi budget saya tidak mencukupi,uang sebesar itu di Indonesia dapat dari mana?budgetnya itu minimal 100jt kan ya kak?,nah kalau budget tidak mencukupi tapi saya punya teman disana bisakah saya sekiranya diterima?,sedangkan saya juga tidak ada tawaran kerja,terima kasih sebelumnya atas bantuannya. wass

Unknown said...

Hi Pa Abdi, sy sekarang ini sudah menandatangani offer letter untuk bekerja di Canada, dan perusahaan tempat sy akan bekerja nti sudah mengurusi proses BC PNP saya melaluo Layer mereka, begitu pula denagn work permitnya... yang saya ingin tanyakan, apakah benar prosesnya membutuhkan waktu 6 bulan bahkan lebih? Saya pukir apa ga kelamaan? Lalu kalau sudah approved proses apa lagi biasanya? Company yg nti sy join juga menawarkan beberapa pilihan seperti mobil yg bisa sy bawa ke Canada, apa pajaknyanya di bayar oleh perusahaan baru sy nti atau sy harus menanggung biayanya sendiri? (Sy pikir lebih baik beli disana dr pada sy bawa yg ada disini...) terimkasih atas komentarnya..

Abdi Soeherman said...

Alaikumsalam Elmira,

Uang itu dibutuhkan setelah proses aplikasi PR kita sudah cukup matang dan hampir diterima. Jadi itu tahapan terakhir. Memang tidak mudah dapat uang sekian, namun pemerintah Kanada pun tidak ingin orang datang kemari terlantar.

Kawan di Kanada tidak cukup untuk menjadi jaminan PR kita diterima. Untuk sekarang, coba anda lakukan self test di atas, sekadar untuk tahu apakah anda layak dapat PR.

Good luck.
Wassalam,
Abdi

Abdi Soeherman said...

Hai Sidik,

Anda termasuk diantara sedikit orang yang beruntung. Tidak mudah dapat tawaran kerja dari sini, kecuali Kanada memang kekurangan orang2 dalam negeri.

Menurut saya, 6 bulan itu agaknya waktu terlama pengurusan. Bisa jadi lebih cepat dari itu. Tunggu saja sambil cek sekali waktu dengan mereka, misal setiap bulan.

Berikutnya kalau work permit sudah keluar, nampaknya anda bakal langsung diminta datang. Mereka biasanya menanggung biaya relokasi, tapi biasanya kita bayar dulu, nanti diganti. Saya tak tahu persis tentang tawaran mobil. Anda tinggal di Amerika sekarang? Kalau ya tawaran itu boleh juga dipertimbangkan. Namun pastikan apakah mereka menawarkan pembelian mobil atau penyewaan. Yg kedua nampaknya lebih biasa. Kalau disewakan mobil biasanya biaya sudah termasuk pajak. Sekali lagi anda pastikan ttg hal ini. Juga pastikan jarak dari tempat anda tinggal sekarang ke tempat tujuan memang wajar ditempuh mobil. Kalau tidak, lebih baik naik pesawat dan pinjam mobil di Kanada.

Wassalam,
Abdi

Unknown said...

Assalamualaikum pak abdi, Terimakasih post-an bapak sangat membantu, kebetulan saya juga ingin apply jd PR, tp point nya belum cukup, keliatannya prosesnya membutuhkan waktu yang cukup lama ya pak, kalau tidak punya pengalaman kerja apa kemungkinan bisa apply ya pak?

Abdi Soeherman said...

Alaikum salam Sdri Juju.
Point test itu indikator yang baik buat kelayakan kita memperoleh PR. Kalau belum cukup, coba anda lihat bagian mana yang masih bisa ditingkatkan (improved).

Prosesnya memang tidak sebentar. Pada masa saya memang relatif lebih pendek waktunya. Tapi sekarang kalau dalam 2 tahun bisa dapat sudah istimewa.

Pengalaman kerja tidak masuk sebagai faktor penambah point. Tapi tawaran kerja dari perusahaan di Kanada ya.

Sekian dulu. Silakan kalau ada yang ingin ditanyakan lagi.

Wassalam,
Abdi

Santi Setyaningsih said...

Hallo pak Abdi,

Saya Santi lulusan TI ITB 2005, saya tertarik untuk tinggal di Canada karena saudara saya berada di sana sudah dari lama. Saya ingin bekerja di sana namun belum ada yang menerima. Hmm,, menurut Bapak, lebih baik apply PR terlebih dahulu ataukah mendapatkan pekerjaan terlebih dahulu?
Hmm,, apakah bapak punya link untuk bekerja di sana terutama mengenai Supply Chain? Apakah mereka mau menerima pekerja dari Indonesia tanpa pengalaman yang cukup lama?

Terima kasih pak atas sarannya
Salam,
Santi S

Abdi Soeherman said...

Halo Santi, apa kabar.

Senang mengetahui anda lulusan almamater yang sama.

Dimana saudara anda tinggal di Kanada?

Mengenai pertanyaan anda, tentu saja idealnya kita mendapatkan pekerjaan terlebih dahulu dan dengan itu kita memperoleh point yg bagus dengan adanya 'offered job'.

Sayang sekali justru ini yng jadi 'blunder' buat para 'skilled immigrants' yang datang kemari. Banyak orang, karena sulitnya memperoleh pekerjaan, berujung pada bekerja 'apa saja' (casual job, not decent job).

Jadi satu-satunya kemungkinan terbesar akhirnya adalah mengajukan lamaran (apply) PR Kanada dengan memenuhi seluruh persyaratannya.

Karena itu, mohon anda pertimbangkan masak2 tentang menjadi PR Kanada, terutama kalau anda punya profesi dan masa depan yang tidak buruk di Indonesia. Salah satu alasan kuat yg menarik para imigran kemari meski dengan resiko tanpa pekerjaan layak adalah pendidikan dan masa depan anak. Kalau ini yg jadi salah satu tujuan atau justru tujuan utama anda, maka silakan bulatkan tekad dan lakukan.

Good luck.

Wassalam,
Abdi

Anonymous said...

Hi pak abdi,
Saya rencana mau ambil sekolah di Canada. Biar bs apply untuk PR sana. Sebenernya pacar saya juga org canada. Proses untuk dapat PR lbh cepat kalau saya sekolah disana atau menikah ya? Karena Kl sekolah Biayanya cukup mahal utk foreign student. Thanks. I appreciate your kind help :)
Stella

Abdi Soeherman said...

Hi Stella,

Sekolah di Canada belum tentu mempercepat proses PR. Setelah lulus anda masih harus dapat pekerjaan di sini dan perusahaan tempat anda bekerja itulah yg akan memberikan keterangan bahwa anda tengah mengurus PR, dan ini jadi faktor penambah untuk peluang dapat PR. Sayang sekali mencari pekerjaan di sini tidak mudah. Ini berlaku bahkan buat mereka yg besar dan lulus dari PT di sini.

Alternatif menikah tentu saja tidak buruk. Namun, jangan berharap prosesnya akan mudah dan cepat. Pihak imigrasi akan melakukan penelitian seksama bahwa pernikahan anda "alamiah", bukan demi memperoleh status PR. Tapi jangan khawatir, kalau pertemuan anda dengan calon suami wajar mereka melihat hal itu sebagai pertemuan yg wajar pula.

Maklum tidak sedikit kasus penyalah-gunaan pernikahan demi imigrasi.

Good luck, semoga sukses.

Wassalam,
Abdi

Unknown said...

Hi Pak Abdi,

saya Nickhohardo, saya saat ini sedang urus PR ke Kanada, saya adalah lulusan S1 Manajemen dan S2 HRM dari UK.

Apakah lulusan S1 manajemen dan S2 saya dapat membantu saya mencari kerja, saya tidak harus kerja kantoran tp kalau dibidang retail atau hotel, resort atau tourism bisakah?

mohon pencerahannya pak.

Abdi Soeherman said...

Halo Niko,

Meski tingkat pendidikan, khususnya S1-S3, memberi kontribusi cukup besar dalam peluang disetujuinya aplikasi PR anda, namun itu tak menjadi jaminan untuk memperoleh pekerjaan di sini. Pekerjaan yg anda sebutkan di atas termasuk jenis pekerjaan yg bukan "casual", seperti cleaning service, personal support worker atau "clerks" di restoran, dsb, dan karenanya tidak terlalu mudah diperoleh.

Yg paling mudah tentu saja bila anda memperoleh "job offer" dari perusahaan di Kanada. Namun tanpa menjalani status anda di Kanada sebagai PR pe;uang itu jauh lebih sulit.

Jadi, kalau anda siap, sebaiknya fokus untuk memperoleh PR dan setelah anda di sini coba cari pekerjaan atau "shape up" karir anda agar lebih "diakui" Kanada. Setelah itu mencari pekerjaan akan cenderung kurang sulit.

BTW, di UK ada program mirip PR yg disebut HSMP. Coba anda google. Saya pernah diterima dan dapat visanya setahun. Namun karena tak yakin saya bakal dapat pekerjaan di UK visa itu tak saya gunakan dang hangus.

Good luck!

Wassalam,
Abdi

Unknown said...

Hallo Pak Abdi,
Saya sianne, saya akan segera menikah dengan seorang pria warganegara Canada, rencananya setelah pernikahan kami akan menetap di indonesia untuk beberapa tahun dan kembali ke Canada setelah saya mendapatkan PR saya. Pertanyaan saya, apakah suami saya bisa menjadi sponsor saya kalau dia menetap di indonesia sewaktu saya mengajukan PR? Mohon infonya. Terima kasih pak

Abdi Soeherman said...

Halo Sianne,

Selama (calon) suami anda WN Canada ia tetap dapat menjadi sponsor bahkan tinggal di LN, termasuk Indonesia, sekalipun. Yg jelas proses dilakukan di Canada dan untuk hal2/docs yg ada hub nya dg Canada dan harus dilakukan di Canada ia harus punya akses.

Good luck.

Silakan tanya lagi kalau ada yg kurang jelas.

Wassalaam,
Abdi

Unknown said...

Hallo Pak Abdi,
Terima kasih atas reply nya yang sangat cepat :) saya mau tanya lagi. Saya baca di beberapa situs internet bahwa untuk menjadi sponsor saya, suami harus bisa membuktikan bahwa dia mampu secara financial untuk men-support hidup saya di Canada dan mereka mengatakan bahwa itu bukan berarti harus punya uang besar, tapi punya pekerjaan tetap disana, etc. tapi kalau suami waktu saya mengajukan PR sudah tinggal di indonesia, itu kan berarti dia sudah tidak bekerja di Canada. Apakah masih tetap bisa menjadi sponsor saya? Bagaimana pemerintah Canada bisa menerima dia sebagai sponsor saya? Mohon infonya. Terima kasih pak.

Abdi Soeherman said...

Sianne,

Selama kerjanya di Indonesia teratur dan menghasilkan income yg cukup untuk mensponsori anda ia tetap dapat menjadi sponsor.

Biasanya pemerintah tahu dr laporan tax nya.

Abdi

Browibowo said...

Salam
Pak. Abdi M Soeherman

Saya sesunguhnya tertarik untuk mengadu nasib ke Canada, saya adalah lulusan Sarjana Matematika dan saat ini saya seorang pengajar puluhan tahun, dan saya kebetulan menguasai IT meliputi Graphis, pemrograman dan jaringan, dan juga paham teknik elektronika. Apakah kemampuan dan ijazah saya ini laku di sana. Menurut saya apakah langkah pertama saya harus mencari lowongan perusahaan yang ada di Canada? atau bagaimana baiknya? Mohon saran bapak, terima kasih.

Salam
Y.B Browibowo

Abdi Soeherman said...

Alaikum salam Bung Bowo,

Pertanyaan anda tepat sekali pada sasaran. Itu yang jadi masalah, di Kanada setiap perusahaan selalu menanyakan "Canadian experience" untuk setiap lamaran pekerjaan yang kita kirimkan, sekiranya kita beruntung terpanggil untuk wawancara. Juga gelar kesarjanaan kita perlu diakreditasi lagi di sini, bukan tidak laku. Ada prosedur yang bisa kita lakukan untuk memvalidasi ijazah kita. Namun lebih penting adalah apa yang saya katakan di atas. Karena itu di beberapa uni ditawarkan program "bridging" untuk menjembatani kesenjangan antara "overseas credential migrant with over qualified background" dengan kebutuhan Kanada menyerap tenaga kerja luar. Dengan cara ini peluang memperoleh pekerjaan lebih baik.

Tentu saja mencari lowongan pekerjaan dan melamar dulu dari Indo sebuah hal yang akan sangat menolong. Namun jangankan untuk orang LN, orang DN di sini pun tidak mudah memperoleh pekerjaan.

Rekan PR saya di sini memberi saran kepada orang2 yg tertarik mendaftar PR Kanada sbb: apabila pekerjaan dan penghidupan anda sudah stabil dan mapan di Indonesia, dia menggunakan ukuran penghasilan antara 25 sd 50 juta sebagai kriteria, sebaiknya tidak mencoba melamar PR. Di bawah 25 juta silakan mencoba. Mungkin pertimbangan dia terlalu banyak yang anda harus korbankan apabila anda sudah berpenghasilan dan hidup layak seperti itu.

Namun semuanya kembali pada pertimbangan kita masing-masing.

Wassalam,
Abdi

Unknown said...

Salam hormat Pa Abdi.
Adik sy statusnya baru lulus dr uni.otomatis mendapatkan visa untuk tinggal 3 thn.blm dpt pekerjaan. Sekrg dia apply utk citizen Canada yg di sponsori oleh Canadian. Apakah itu mudah untuk mendapatkan citizen Canada dgn sponsor Canadian.
Selama dalam proses citizen. Apakah ada syarat tidak boleh keluar dr Canada selama beberapa thn, apakah passport adik sy itu di simpan dulu oleh imigrasi atau tmpat permohonan setempat. Selama pemrosesan. Mohon penjelasan Bapa.
Sebelumnya sy 6capkan banyak terima kasih.

Wasalam. Linda.

Abdi Soeherman said...

Halo Mbak Linda, salam hormat kembali.

Ya visa yg ia peroleh itu bisa berfungsi juga sebagai izin kerja. Juga kesempatan baginya mendaftar/apply sebagai PR (Permanent Resident), bukan sebagai WN/citizen. Untuk menjadi WN ia perlu tinggal 3 tahun berturut-turut sbg PR.

Proses perolehan PRnya akan relatif lebih mudah bila ia mendapat pekerjaan yg dg itu perusahaannya dpt memberi keterangan sebagai pemberi "job offer".

Selama menjadi pemegang status PR Canada ia harus menetap di Kanada sekurang-kurangnya 2 tahun dalam masa 5 tahun (http://www.cic.gc.ca/english/newcomers/about-pr.asp).

Pemerintah Kanada tidak (berhak) menyimpan paspor seseorang, bahkan sekalipun seseorang bermasalah secara hukum. Paspor dipegang oleh setiap pemiliknya.

Sekian dulu, apabila masih ada pertanyaan silakan diajukan.

Wassalam,
Abdi

Abdi Soeherman said...

Maaf, pengalaman kerja di Kanada masuk sbg faktor penambah poin, tapi pengalaman di luar Kanada mungkin tidak.

pezz1005 said...

Salam pak Abdi,

Saya mau menanyakan benerapa hal terkait visa & PR canada.

Saya mendapat tawaran kerja dr perusahaan canada & hendak mensponsori saya utk interview d canada. Akomodasi & airfare semua ditanggung oleh perusahaan tersebut, nah yg ingin saya tanyakan langkah apa yang harus saya lakukan selagi menunggu proses diatas diurus oleh perusahaan trsbt?? Apakah saya hrs apply PR terlebih dulu ato gmn?
Mohon penjelasannya.

Atau kalo boleh tlg dijwb via email aja y Pak di pezz1005@gmail.com

Terima kasih,merci de votre bonté:))

Abdi Soeherman said...

Alaikum salam Andri,

Selamat atas tawarannya. Mudah2an lancar dan sukses. Anda termasuk diantara sedikit orang yang beruntung.

Tentang pertanyaan anda, tak perlu melakukan apa2 sehubungan dengan PR. Nanti kalau akhirnya anda diterima bekerja di Kanada setelah beberapa tahun (saya tidak pasti berapa lama, setahun, dua tahun atau lebih) anda akan ditawari perusahaan dan dibantu untuk menguruskan PR.

Wassalam,
Abdi

nurhayati rusli said...

Salam pak Abdi,
Saya mau menanyakan bagaimana caranya agar bisa membawa anak saya ke kanada dalam wate dekat ini
Suami saya Canadian, Dan pengurusan visa saya sudah siap, masalah nya anak saya lahir di Indonesia Dan sekarang dia masih pegang pasport Indonesia, sedangkan citizenship card dia belum ready, dia skrg umur 4,5 thn, jade di atas umur 2 tahun pihak konsulat tidak bisa mengeluarkan paspor kanada dia di Indonesia sebelah citizenship card dia keluar, sedangkan card dia baru 2 bulan dalam proses, jadi adakah alternatif lain agar anak saya bisa berangkat bersama saya Dan ayah nya Bulan depan? Klo ada tolong infonya
Terima kasih sebelumnya

Arief said...

Assalamuailkum

mau minta tips nih..dulu awalnya pa abdi bisa jadi PR seperti apa.mohon sharingnya

Abdi Soeherman said...

Alaikum salam Mbak Nurhayati,

Agaknya saya tidak dapat begitu membantu dalam hal ini. Pertama, karena seperti yg sudah anda coba hal itu ditangani oleh Konsulat Kanada. Kedua, saya tidak paham apakah anak anda akan otomatis memperoleh status "citizen" atau mesti menjalani status PR dulu. Perkiraan saya mungkin harus PR dulu.

Tapi sekadar pertanyaan, apakah anda sudah coba minta visa turis kepada Konsulat? Saya tidak tahu apakah urgency anda untuk segera berada di Kanada dapat membuat mereka memberikan kekecualian.

Good luck. Maaf tak bisa lebih "helpful".

Wassalam,
Abdi

Abdi Soeherman said...

Alaikum Salam Sdr. Arief,

Saya pernah menuliskannya, coba saya lihat kalau bisa saya bagikan pengalaman ini dalam bentuk artikel lain di blog ini.

Tapi singkatnya, saya melamar PR Kanada tahun 1997-an. Saat itu agaknya proses relatif lebih mudah, meski pekerjaan tetap saja tak mudah didapat, mirip keadaan saat ini buat para pelamar PR baru.

Wassalam,
Abdi

pezz1005 said...

Asalamualaikum Pak Abdi,

Saya lagi nih:)) gini pak, saya ada sedikit pertanyaan nih...
Sedikit cerita dulu, kemarin tuh setelah diundang ke Canada, saya akhirnya mendapat offer of employment, udah saya baca berjam2 isinya, dan langsung saya sign:) setelah itu perusahaan mengajukan proposal kepada depnaker sana utk mendatangkan tenaga asing(saya). Setelah saya balik indo, ada background check (via perusahaan survey). Proses di Canada pun ternyata juga lumayan panjang ya; perusahaan rekruter mengajukan proposal, job di listing ulang di job market dalam negeri sana, terus menunggu LMO (labour market opinion), jika hasil LMO positif baru deh saya bisa dapet ijin kerja disana....dan saya dibayarin lagi buat boyongan kesana.

Nah yang ingin saya tanyakan;
1. Sekuat apa sih status Offer of Employment itu sebenarnya? Mksud saya jika terjadi hasil LMO yang kurang memuaskan, gimana nih status saya??
2. Seberapa ngaruh sih background check itu? Terutama bila ada beberapa referensi yang pada akhirnya gak ngangkat telpon saat dihubungi perusahaan survey (misal: referee sibuk bgt gak smpat angkt telpon)
3. Apakah memang begitu proses migrasi pekerja asing untuk kerja di Canada (permanent job)? katanya sih bisa sampe 10 bulan prosesnya:((..... Saya tanya gini Karena ada teman saya dapet kerja di perusahaan di Jerman, prosesnya jauh lebih cepat.

Mohon pencerahannya pak, mungkin pak Abdi ada pengalaman seperti yang saya alami sekarang..:))
Merci de votre bonté. Terima kasih banyak atas jawabannya.

Abdi Soeherman said...

Alaikum salam.

Selamat ya. Kesempatan yg jarang. Mudah2an anda lancar sampai berhasil.

1. Itu salah satu persyaratan mengundang "tenaga asing" seperti anda, yakni melihat apakah memang tidak ada di DN kandidat yang punya keahlian spt anda. Jadi masukan dari LMO itu cukup menentukan bagi perusahaan anda memutuskan ya atau tidak dengan anda.
2. Background check sangat berpengaruh. Saya pernah beri 3-4 references untuk mereka hubungi. Semua memberi masukan positif tentang saya kecuali satu. Yang satu ini hanya bilang ia tak kenal saya. Saya tidak terpanggil lagi setelah itu. Jadi usahakan orang2 yg kita jadikan rujukan itu tahu persis kita dan siap dihubungi dan ada di tempat/mengangkat telepon saat dihubungi.
3. Ya begitulah prosesnya, suka atau tidak. Tidak seperti di Indonesia atau beberapa negeri lain yg kadang terlalu mudah mendatangkan tenaga asing. Saya tak tahu berapa lama persisnya, terutama buat anda yg bukan PR/WN. Kalau benar 10 bulan, saya tak akan heran. Jerman mungkin punya sistem sendiri, lihat saja dari cara mereka menerima hampir 100 ribu pengungsi dalam waktu singkat. Meski Kanada pun baru saja menerima 25,000 pengungsi hanya dalam 2-3 bulan.

Semoga sukses. Anda lakukan yg terbaik, sisanya serahkan kepada Yang Di Atas, al dg banyak berdoa :-)

Wassalam,
Abdi

Unknown said...

Hi Pak Abdi,

Saya niko marpaung,

saya harap bpk masih ingat saya, saya saat ini sedang mengurus student permit dan work permit karena rencana saya mau ambil private career college dengan jurusan hospitality management di salah satu career college di toronto yang diakui oleh pemerintah canada (ada no DLI - nya) karena kuliahnya 2 thn dan ada CO - OP nya (work Permit). apakah saya dengan mengambil career college di toronto saya berpeluang dan bisa dapat kerja melalui PGWP (setelah lulus kuliah) untuk mendapatkan kerja yang yang sebenarnya.

btw, hsmp di UK sudah dihapuskan sejak thn 2012, pak. karena ganti pemerintahan di UK.

mohon penjelasannya , pak

Tks

Abdi Soeherman said...

Halo Niko. Ya saya masih ingat anda.

Saat ini mungkin terlalu dini untuk mengetahui apakah anda berpeluang atau tidak. Tapi pemerintah Kanada mengapresiasi seseorang yang berusaha terus untuk meng-upgrade dirinya dalam pendidikan, apalagi bila itu dilakukan di Kanada sehingga akan memudahkan bagi ybs sekiranya ke depan ia berencana melamar sebagai PR.

Apa yg anda sudah lakukan itu cukup tepat. Tinggal sekarang berharap sesudah studi anda berakhir ada perusahaan yg berminat untuk menerima anda bekerja. Semoga anda memperolehnya dalam masa berlakunya work permit. Karena itu co-op/internship itu sangat penting dan syukur kursus yg anda ambil memasukkan co-op dalam programnya. Usahakan juga anda punya nilai-nilai (marks) yg tinggi/bagus karena jadi faktor penting lainnya bagi perusahaan memilih anda.

Sayang sekali HSMP dihapuskan. Rupanya UK dan Eropa sudah mulai jenuh untuk imigran.

Semoga peluang anda di Kanada menjadi kenyataan.

Wassalam,
Abdi

Unknown said...

Hi Pak abdi,

Maaf pak saya mau bertanya lagi nih, saya udah dpt student permit visa, tinggal nunggu Co-Op work permit yang lagi di apply pak, dan rencananya kalau semua OK saya akan berangkat bulan depan tgl 1 nov 16, saya mau tanya kalau pak kalau dari yonge street down town sebaiknya cari akomodasi daerah mana yach yang cukup murah, pak?

apakah biaya akomodasi di toronto cukup mahal pak? saya cari biaya yg cukup standard(kisaran 400 CAD - 500 CAD)

dan dari toronto pearson airport jauh tidak ke yonge street down town tersebut?

mohon pak agar dibales jawabannya ke alamat email nickholas_160582@yahoo.com

karena ada beberapa hal lainnya yang ingin saya tanyakan kepada bpk melalui email tersebut.

mohon bantuannya yach pak.

Tks

Abdi Soeherman said...

Hello Niko.

Yonge street itu panjang banget, ada yg bilang jalan terpanjang di dunia; membentang dari Harbourfront (danau), downtown Toronto hingga sebelah utara Newmarket. Jadi harus tahu dimana intersectionnya. Kalau downtown harus share rumah, kos per kamar untuk biaya sekitar $500-an.

Silakan berikan saya nomor HP anda yg ada WAnya. Biar saya hubungkan ke bbrp kontak yg tahu persis. Email saya di abdi.ms@gmail.com

Wassalam,
Abdi

Sherly said...

Halo Pak Abdi.. Makasih banget info tentang apply PR ke Canada nya..tapi sya mohon maaf mau nanya melenceng sedikit, apa bapak punya kenalan agent yg bisa bantu urus visa study coop di vancouver? Saya sudah hubungi bbrp agent di sini, mereka tidak bersedia membantu dengan alasan itu private college, padahal saya sudah cek private college itu punya DLI. Saya sebenarnya mau apply sendiri cuma saya takut ditolak oleh embassy krna saya ngambil program sekolah yg downgrade, dengan kata lain saya lulusan s1, dan lulus tahun 2010 tapi kerja bantu org tua saja (jd tdk pernah kerja di perusahaan dan tdk memiliki npwp), kemudian saya ingin mengambil program co op diploma 2 thun tetapi dengan jurusan berbeda. Apakah bisa ada masukan? Terima kasih sebelumnya

Abdi Soeherman said...

Hi Sherly,

Saya belum tahu tentang agen yang bisa bantu urus visa study untuk coop/internship di Vancouver.

Tapi kalau untuk pengalaman memperoleh student visa ada pengalaman dari Niko di atas yg mirip dengan anda planningnya.

Silakan beri email anda nanti saya coba hubungkan anda dengan Niko.

Wassalam,
Abdi

Sherly said...

Halo Pak Abdi, Email saya sherlysoegiarto87@gmail.com . Terima kasih banyak atas bantuannya Pak. Saya tunggu email nya. Thanks.

Unknown said...

Halo Pak Abdi saya mau bertanya pak kalo sudah oke dari embassy canada itu proses nunggu surat dari embassy nya emang lama ya pak? kalo saya boleh tanya maks berapa lama ya pak?

Abdi Soeherman said...

Daniel,

Ini untuk visa apa ya?

Saya duga untuk visa PR. Yang dimaksud OK dari Canadian Embassy itu apa ya? Kalau artinya dapat panggilan wawancara untuk PR visa jawabannya bisa ya. Ya 100% kalau dalam wawancara tidak ada masalah, biasanya ditandai dengan singkatnya wawancara dan tidak diikut-sertakannya istri/keluarga dalam wawancara sekalipun mereka kita ajak ke kedubes.

Setelah wawancara anda tinggal menunggu. Dalam kasus saya, Visa PR dikeluarkan pada paspor saya dan keluarga antara 6 bulan sampai setahun (saya agak lupa) sejak wawancara. Masa berlaku visa: 1 tahun, artinya setahun sejak dikeluarkan anda/pendaftar utama/main applicant harus sudah berada di Kanada.

Semoga menjawab.

Wassalam,
Abdi

Kevin said...

Bagus banget blognya Pak.
saya sangat tertarik ke Kanada, berhubung ada kenalan disana.

jadi lulusan hanya SMA tidak masalah ya pak?
kalau apply PR dengan status saya sudah menikah itu bisa saya/istri atau keduanya pak ?

dan kalo salah satu dari istri/ saya yang approved (amin2)
apa bisa pak dengan 1 PR saja sudah bisa membawa keluarga khusus nya sepasang suami istri kesana /

Makasih Pak.

Unknown said...

malam pak, maaf saya mau nanya pak kalo misalnya saya belom ada pengalaman kerja ke canada bisa ga pak kalo saya kerja di canada ? sama proses ngajuinnya saya cuma ikutin test itu pak? ato kalo boleh saya boleh ga minta email bapak? biar saya bisa nanya2 mengenai kerja di canada pak supaya lebih jelasny. mohon responnya pak. saya ingin sekali bekerja di canada pak. Terimakasih

Abdi Soeherman said...

Kevin,

Terima kasih atas apresiasinya.

Tentang lulusan SMA saya kira bukan itu masalahnya. Dalam salah satu kriteria penerimaannya, ada kriteria untuk tingkat pendidikan yg sudah dicapai. Tentu saja makin tinggi (post grad, misalnya) lebih baik nilai yg didapat dan untuk SMA/High School lebih rendah. Namun kriteria lain, seperti bahasa (English/French), dll bisa mengkompensasinya. Yang penting total nilai minimumnya 67.

Untuk yg sudah menikah, salah satu bisa menjadi pelamar utama/main applicant-nya. Yang statusnya relatif lebih baik, misalnya tingkat pendidikan atau kemampuan bahasa atau pekerjaan, sebaiknya menjadi pelamar utama.

Nah, kalau permohonan dari main applicant dipenuhi/approved, dengan sendirinya pasangan (istri/suami) dan anak2 (kalau ada) otomatis memperoleh status PR.

Begitu.

Wassalam,
Abdi

Abdi Soeherman said...

Daniel,

Pengalaman kerja menjadi salah satu kriteria untuk menambah nilai. Mirip dg pertanyaan Kevin, bila anda tak punya pengalaman kerja tentu nilai dari kriteria ini rendah, tapi dapat dikompensasi dari kriteria lain, misalnya usia, kemampuan English/Franch, dll.

Tentang kesempatan kerja di Kanada itu jadi harapan setiap orang. Pengalaman kerja sebelumnya tidak menjadi jaminan memperoleh pekerjaan di sini. Bahkan tidak sedikit diantara pemilik PR yg berubah profesi, yang penting dapat bekerja di bidang apa saja.

Aplikasi PR ini hanya untuk memperoleh status PR, tidak untuk memperoleh pekerjaan. Begitu anda berstatus PR dengan sendirinya anda berhak untuk bekerja di Kanada. Dari situlah anda mulai melamar dan mencoba mencari pekerjaan.

Wassalam,
abdi.ms@gmail.com

Unknown said...

Hai Pak,
salam kenal...
apa kabarnya?
Semoga baik & sehat selalu...

Ini adalah blog yang menarik sehingga membantu para WNI yang berminat migrasi ke Kanada. Setelah saya me-review tulisan Bapak dapat saya simpulkan peluang atas kesempatan terbesar berimigrasi Ke Kanada yang memungkinkan sebagai berikut:

1. Jalur menikah.
2. Jalur melalui pendidikan/studi di Kanada dan berharap setelah lulus mendapatkan tawaran pekerjaan sehingga perusahaan menjadi sponsor dalam mendapatkan status Permanent Resident.

Nah, pada kesempatan ini terkait point nomor 2 apabila hal ini dilakukan nampaknya point score minimal 67 dapat tercapai dengan catatan orang tersebut telah melalui lulusan Kanada, mahir berbahasa Inggris, memiliki pengalaman kerja (internship, dll), serta usia yang produktif.

Perlu ditanyakan terkait penilaian dalam hal usia, berapa usia ideal yang dapat dikatakan produktif dalam standar tolak ukur di Kanada?

Ingin ditanyakann juga saya mendapatkan informasi terdapat agen imigrasi yang membantu seseorang untuk menempuh jalur imigrasi via studi, yaitu bernama ImmigCanada. Apakah Bapak mengetahuinya dan agen tersebut valid? Mohon pencerahannya.


Terima Kasih,


Ricky
Jakarta

Abdi Soeherman said...

Halo Ricky, salam kenal pula.

Jalur yang pertama hanya untuk sebagian kecil orang karena bergantung pada "luck" alias keberuntungan seseorang.

Karena itu fokus kita pada jalur umum, yang kedua. Betul, kombinasi kemampuan dan status yg anda sebutkan itu dapat mencapai nilai minimum 67.

Tentang usia produktif itu antara 22 hingga 33 tahun. Silakan lihat video clip ini dan pastikan: https://www.youtube.com/watch?v=jhxRHSFo564&index=1&t=14s&list=FLdd8X-b-Qg7WEhYV6iACsdQ atau lihat di blog terbaruku hari ini, 5 Juli, 2017.


Tentang ImmigCanada, silakan lihat dan cek melalui website resmi pemerintah: http://www.cic.gc.ca/english/information/protection/fraud/internet.asp

Saya sendiri tidak tahu tentang website tsb. Silakan lakukan due diligence sebaik mungkin.

Wassalam,
Abdi


Unknown said...

Salam kenal pak..
Tgl 27 Sept saya ada interview dengan perusahaan Canada.Hasilnya mereka bilang akan memproses visa saya.Dan saat saya bertanya mengenai work permit, katanya perusahaan akan mengirimkan saya email secepatnya.Yang ingi saya tanyakan, brpa lama biasanya perusahaan mngurus proses tsb..Trimakasih pak atas bantuannya

Unknown said...

Ini Jules Tobing ya.

Saya jawab di sini ya, supaya jadi info buat yg lain pula.

Selamat, kalau mereka bilang akan menguruskan visamu berarti anda diterima. Tapi pastikan anda dapat email konfirmasi dari mereka. Kalau ya, anda bisa lega karena yg paling penting adalah penerimaannya. Proses visa/work permit akan menyusul.

Apa pekerjaan yg akan anda lakukan di sini? Kalau sebagai high skilled worker, ini ketentuan yg saya dapatkan dari website pemerintah Canada:
To work in Canada as a high-skilled worker for a short term
You do not need a work permit if you will come to Canada as a high-skilled worker and your job is under the NOC skill type 0 (managerial) or A (professional)
you will only work for:
up to 15 consecutive days once every six months or
up to 30 consecutive days once every year
If you are eligible, you may need a temporary resident visa or electronic travel authorization to come to Canada.

If you do not meet these conditions, you need a work permit. Find out if you’re eligible for a work permit.

http://www.cic.gc.ca/english/work/apply-who-nopermit.asp

Kalau tidak, mungkin anda perlu work permit. Silakan lihat di sini: http://www.cic.gc.ca/english/work/apply-who-eligible.asp

Silakan kalau ada pertanyaan/jawaban susulan.

Wassalam,
Abdi

Anonymous said...

Terimakasih pak atas jawabannya.posisi saya disana sbg shift manager pak di salah 1 restaurant waralaba.kebetulan sesuai dengan jurusan saya & pekerjaan saya di Indonesia.Kalau saya lihat di info web status kerja fulltime/ permanent.Tapi saya blm dapat email kontrak kerja saya.Terakhir saat wawancara via skype mereka bilang akan memproses cv saya dan akan membrikan dmail secepatnya tentang visa/work permit.Mudah2an ada berita baik dalam minggu ini.Mohon doanya pak..

Unknown said...

Satu-satunya hal yg bisa memastikan anda positif diterima adalah email konfirmasi dan kontrak kerja. Biasanya perlu beberapa saat untuk mereka menyiapkannya.

Saya doakan semua lancar. Kabari saya kalau sudah dapat konfirmasinya. Doa saya menyertai.

Abdi

Unknown said...

Halo salam kenal pak abdi.. saya evelyn. Kemarin suami saya ada sempat apply PR Canada melalui link yg muncul di facebook. Yg saya mau tanyakan apakah benar harus ada deposit sebesar 750 dollar untuk 1 keluarga, setelah itu baru ada assesment & interview? Dan apakah untuk ajukan PR Canada ada agen resmi yg ditunjuk oleh pemerintah Canada atau hanya dari pihak imigrasi Canada? Terima kasih untuk pencerahannya pak.

Unknown said...

Hai mbak Evelyn, salam kenal juga.

Kalau boleh saya lihat link PR info dari Facebooknya.

Saya tak tahu darimana info tentang deposit CAD750 per keluarga tersebut. Apakah maksudnya untuk biaya awal pengurusan PR via bantuan agen tsb?

Ada agen2 yang tidak ditunjuk khusus, tapi dianggap sah/reliable oleh pemerintah Canada. Kalau saya tak salah, pernah saya kirimkan dalam salah satu jawaban saya di atas atau dalam blog ini tentang PR.

Apakah anda sudah lihat2 info/link yang saya muat di blog ini? Mungkin ada manfaatnya, silakan coba.

Hormat saya,
Abdi

Richard H. Black said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Lady Mia said...
This comment has been removed by a blog administrator.
fuad khairul muttaqin said...

untuk link self assessment nya sudah tidak aktif ya pak? apa ada alternatif link lainnya?

Nadya said...

Assalammu’alaykum Pak Abdi mau tanya
Calon suami saya org india dia baru lulus Dan baru” apply job support PR (jd skrg dia kerjanya twice a day normal job Sama yg support PR) yg mau ditanyakann
1. Kalau sebelum dpt PR trs Aku harus pake Visa apa disana?
2. Apa yg harus di persiapkan sma aku kalau dia blm dpt PR Dan posisi aku udh stay disana ? (Istri ngaruh ga ya btw hehe)
Possible ga ya kita nikah tapi dia blm dpt PR, secara kata dia PR is everything krn kita bukan citizen
Makasih banyak ya pak
Kindly reply me here or through mail napugi.android@gmail.com

Nadya said...

Dan kalau udh dpt PR Aku bisa pake bisa apa pak hehe sedikit tambahan mohon penjelasannya Makasih ya pak

Abdi Soeherman said...


Abdi M Soeherman
1:03 PM (2 minutes ago)
to Nadya

Wa'alaikum salam Nadya.

Untuk saat ini calon suamimu mengurus PRnya belum bisa mencakup anda. Jadi sekalipun dia dapat PR status itu hanya untuknya.

1. Untuk anda, harus pakai visa turis (atau student)
2. Kalau dia belum dapat PR, dia pun harus pakai visa turis (atau student). Istri yang tak punya PR tak bisa mempengaruhi proses PR suaminya. Kalau istri (atau suami) sudah punya PR, pemilik PR bisa mensponsori pasangannya. Jadi calon suamimu tetap perlu visa seperti Nadya.
3. Dengan adanya pernikahan, proses pengurusan PR bisa jadi lebih mudah karena aplikasi PR suami akan mencakup istri juga. Kalau ia mendaftar PR saat ini, PR yg ia urus dan akan peroleh hanya untuk dia saja. Baru setelah itu dia bisa mensponsori anda sebagai istri. PR dan citizen dua hal yg prosesnya berbeda. Citizenship baru bisa diurus setelah persyaratan tinggal 3 dari 5 tahun sebagai PR di Kanada dipenuhi. Jadi targetnya PR dulu untuk saat ini.
4. Setelah dia dapat PR dia harus settle dulu di Kanada, setelah itu dia bisa mensponsori Nadya. Selama dalam proses pengurusan anda harus pakai visa turis kalau ingin berada di Kanada.

Sekian dulu. Silakan kalau ada pertanyaan lagi.

Kalau mau, bisa tanya di blog saya, biar pertanyaan dan jawabannya bisa diakses yang lain yang mungkin perlu info yg sama.

Wassalam,
Abdi

Anonymous said...

Salam kenal Pak Abdi,
Mohon infonya pak, saya berminat sekali mendapatkan PR Canada sehubungan anak saya baru saja kuliah disana utk 3 thn dan dapat co ops 3 thn. Harapan saya jika PR saya peroleh maka anak saya otomatis akan PR lebih cepat.
Saya lulusan S1 komputer akuntansi dan pengalaman kerja terakhir sbg senior manager, usia saya 46.
Pertanyaan saya apakah msh memungkinkan sy mendapatkan PR dan perlukah memakai lawyer utk kasus sy.
Many thanks ataa infonya pak.
Meiniaty

Abdi Soeherman said...
This comment has been removed by the author.
Abdi Soeherman said...

Salam kenal Mbak Meinaty,

Terima kasih atas pertanyaan2 ini. Semoga jawaban saya bisa membantu untuk anda dan yang lain.

Berikut ini jawaban saya terhadap pertanyaan melalui email:

Tentang blog saya, memang sudah ada beberapa perubahan keimigrasian Kanada sejak 2007. Meski perubahan utamanya ada yang signifikan, dan saya sempat meng-update sedikit diantaranya, secara umum infonya masih bisa dipakai.

Tentang lawyer, terus terang sebenarnya kita bisa mengurus aplikasi ini sendiri. Apalagi saat ini tidak sedikit adanya lawyer imigrasi yg abal-abal. Anda harus hati2. Dalam hal anda ingin mengurus lewat lawyer yg cukup reliable, nanti saya kirimkan segera.

Sebenarnya tugas lawyer ini lebih pada memastikan kelengkapan dokumen2 yg diperlukan dan isian formulir kita benar dan lengkap. Ada yg katanya bisa membantu mencarikan pekerjaan. Tapi percayalah, pekerjaan hanya bisa didapat di sini sesudah anda dapat PR.

Berikutnya untuk pertanyaan anda di sini:

Anda dan anak anda punya peluang untuk mendapatkan PR.

Dimulai dari anda. latarbelakang pendidikan anda (Bachelor, Master?) yang nampaknya mendukung pekerjaan anda dapat menjadi faktor penambah poin untuk aplikasi PR. Saya duga bahasa Inggris pun anda kuasai, yang juga menjadi tambahan point. Lebih bagus lagi kalau bisa Bahasa Prancis. Silakan lihat point2 yg akan membantu anda berpeluang memperoleh PR.

Anak anda punya peluang dapat PR juga sesudah ia lulus sekolah dan dapat pekerjaan di Canada memakai ijin kerjanya (work permit). Perusahaan tempatnya bekerja akan membantunya dalam melakukan aplikasi PR.

Sesudah ia akhirnya sukses mendapat PR (tidak sebentar tentunya), ia dapat men-sponsori ibunya/ortunya untuk memperoleh PR Canada.

Sekian dulu. Silakan kalau masih ada pertanyaan lain.

Wassalam,
Abdi

Anonymous said...

Dear Pak Abdi,
Terima kasih atas info dan sarannya yg sangat membantu.
Mau bertanya lagi nih pak, jika sy berkeinginan anak bisa mendapatkan PR nya lebih cepat jika sy dpt PR lebih dulu. Artinya tdk perlu menunggu 3+3 thn. Apakah memungkinkan setelah status PR ,school fee lebih murah dibandingkan international student? Saat ini msh semester 1 dari 6 semester.
Kedua:berapa besar kemungkinan PR disetujui jika tanpa lawyer? Dan apa saja faktor yg biasanya membuat gagal saat kita proses sendiri. Banyak kekhawatiran saya Pak takutnya jika gagal sekali kita ngk bisa re-submit lagi. Mengingat biaya dgn lawyer saat ini tinggi banget dan banyak yg abal2.Saat ini sy hanya butuh PR saja, pekerjaan mungkin thn depan.
Need your advice and thanks for your kindness and time.
Salam,
Meiniaty

Abdi Soeherman said...

Yth Mbak Meiniaty,

Kalau saya tak salah memahami, pertanyaannya adalah bila PR dilakukan oleh anak ya. Sebetulnya kita bisa memanfaatkan peluang. Sambil menunggu anak lulus sekolah, bekerja lalu mengajukan PR, anda bisa mulai lakukan aplikasi PR dahulu.

Untuk memastikan peluangnya besar, coba lihat dari link yg saya kirim di atas, lakukan "self check". Kalau nilai minimum di situ dipenuhi, kemungkinan besar anda berpeluang dapat PR, melalui lawyer atau tidak.

Kalau PR sudah di tangan tentu saja biaya sekolah akan lebih murah, tidak semahal international student tuition. Tapi dari pengalaman yg sudah2, kemungkinan anak anda selesai sekolah lebih awal daripada anda dapat PR. Jadi nampaknya jangan terlalu berharap untuk soal reduced tuition ini.

Tentang PR ditolak selalu saja ada kemungkinannya. Tapi jangan khawatir, ada contoh bagus. Ada pasangan yang mengajukan aplikasinya melalui suaminya sebagai main applicant, tapi gagal. Lalu mereka melakukan lagi dengan istrinya sebagai main applicant, dan berhasil. Saya tak tahu persis dimana gagalnya, tapi tanpa keyakinan dan mulai mencoba, kita tak akan tahu peluang kita.

Kalau mau, coba kontak lawyer di atas, tanya2 tentang biayanya dan lain-lainnya. Kalau menurut anda biayanya sesuai dengan budget, bisa dicoba. Saya dengar lawyer di atas cukup bagus, alias reliable.

Wassalam,
Abdi

Anonymous said...

Dear pak Abdi,

ada saran untuk lawyer yang recommended untuk bantu proses migrasi ke kanada?
untuk link test nya bisa dikirim lagi pak? karena pas saya coba link nya sudah expired.
tks

Abdi Soeherman said...

Hi

Lawyer detail ada di atas. Silakan lihat.

Nanti saya cek link untuk tesnya.

Wassalam,
Abdi

akytera said...

masih work di tahun 2020??

Abdi Soeherman said...

Yth Akytera,

Maksudnya yg masih work di 2020 itu siapakah?

Abdi

fularani said...

Informative blog...
Hey guys, If you're planning for immigration, Choose XIPHIAS Immigration, ICCRC & MARA registered immigration law firm, for all your visa needs.

US Entrepreneur Investor Visa
E2 Visa USA
US Green Card with Investment
EB5 Visa
Permanent Residency Australia
Skilled Nominated Subclass 189
Australia 190 Visa Requirements
Regional Sponsored Visa Australia
points to apply for canada pr
Caribbean Island Citizenship

aejini omma said...

terima kasih banya informasi nya pak , it's very helpfull.... boleh tanya sedikit sekiranya bapak tau , utk siswa SMU ( dgn PR family ) berapa ya biaya sekolah yg harus kami bayar , krn saya cari informasinya gk jumpa juga .... terima kasih

Abdi Soeherman said...

Yth Aejini Omma,

Maaf terlewat komentarnya. Saya coba jawab sekarang.

Nampaknya pertanyaannya sejalan dengan PR melalui sekolah. Memang itu cara yg tepat, yaitu kuliah di sini lalu mencoba bekerja (dengan ijin kerja 2 tahun, tergantung pemberiannya). Dengan cara ini perusahaan bisa coba bantu mendukung aplikasi PR.

Kalau maksud pertanyaannya berapa biaya untuk anak sekolah SMA di sini, sebagai PR sekolah gratis hingga SMA. Di PT bisa dapat bantuan pinjaman uang kuliah, yg di Ontario disebut OSAP. Besar kecilnya sesuai dengan penghasilan ortu.

Wassalam,
Abdi